Bookmark and Share

Sabtu, 28-Agustus-2010

Penulis: Hakim
Para Advokat Berkumpul Rencakan Gelar Munas Para Advokat

Jakarta-Mediasi Online. Pasca ditandatanganinya kesepakatan penyatuan organisasi advokat di Mahkamah Agung pada pada 24 juni lalu antara Otto Hasibuan-Hasanudin Nasution (Peradi) dengan Indra Sahnun Lubis-Abd Rahim Hasibuan (KAI), ternyata persoalan advokat belum juga usai. Hal ini berbuntut pada keluarnya Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) No: 089/KMA/VI/2010, yang memerintahkan KaPT untuk mengambil sumpah para calon advokat yang telah memenuhi syarat, dengan ketentuan bahwa usul penyumpahan tersebut harus diajukan oleh pengurus Peradi.

 

Indra Sahnun Lubis dan rekan-rekannya tak mau menyerah begitu saja, meskipun dengan keluarnya SEMA tersebut berarti yang dapat disumpah adalah calon advokat yang diusulkan oleh Peradi, sedangkan yang diusulkan oleh KAI tak akan diambil sumpah.

 

Bersama rekan-rekannya, Indra Sannun terus berupaya memperjuangkan sekuat tenaga agar para advokatnya dapat disumpah. Baik dengan melakukan demo di gedung MA maupun mengirimkan surat ke berbagai instansi. Namun usaha itu belum juga membuahkan hasil.

Pada jumat (27/8) bertempat di Function Room Bellagio Mall, Kawasan Mega Kuningan Jakarta, Indra Sahnun kembali melakukan gebrakan, yaitu mengumpulkan para advokat-advokat senior dan para advokat daerah. Indra bermaksud akan menggelar Munas para advokat untuk membentuk wadah tunggal advokat sesuai Pasal 28 ayat II Undang-undang no 18 tahun 2003 tentang Advokat, di mana disebutkan cara pembentukan wadah tunggal itu harus melalui musyawarah para advokat.

 

Munas itu sendiri rencananya akan digelar pada 30 September 2010. Dalam Munas itu mereka akan mengundang semua unsur advokat, termasuk yang berasal dari delapan organisasi advokat. Partahi Sihombing juga telah ditunjuk sebagai Ketua OC.

 

"Peradi yang ada sekarang belum wadah tunggal, karena belum melalui Munas para advokat. Selain itu dalam kepengurusan Peradi tak ada satupun yang berasal dari KAI, ini membuktikan bahwa Peradi ini adalah Peradi lama, bukan Peradi wadah tunggal," ujar Indra Sahnun Lubis di hadapan para undangan.

 

Meski telah dilakukan Munas, Tommy Sihotang mengatakan tak lantas KAI yang ada sekarang dibubarkan. "Tak ada ketentuan setelah dibentuknya wadah tunggal advokat, KAI dibubarkan, jadi KAI tetap ada," sahut Tommy.

 

Baik Indra maupun Tommy menyayangkan sikap MA yang hanya memerintahkan penyumpahan advokat yang diusulkan oleh Peradi, "yang namanya merger maka advokat yang berasal dari Peradi dan KAI harus disumpah, tak boleh yang satu disumpah, sementara yang satu tidak," tegas Tommy.

 

Selain itu, Munas para advokat ini menurut Indra juga merupakan perintah putusan MK no 101 yang diberi waktu sampai 2012. "Masalah nama silahkan saja kepada peserta yang menentukan, bisa saja namanya Peradi atau yang lain," papar Indra.

 

Kalau memang Munas itu jadi digelar dan menghasilkan nama Peradi, berarti ada dua Peradi. Indra juga berdalih bahwa dalam SEMA 089 tak disebutkan sumpah advokat yang diusulkan oleh Peradi itu Peradi pimpinan siapa. "Ya sekarang silahkan saja masyarakat menilai, misalkan ada dua Peradi yang satu melalui Munas para advokat, yang satu tidak," tutup Indra.
 

 


Home | Hits : 4724 | Beri Komentar Bookmark and Share
Beri Komentar untuk berita diatas
Judul Berita : Para Advokat Berkumpul Rencakan Gelar Munas Para Advokat
Nama :
Email:
Comment:
  

10 Berita Sebelumnya

Para Advokat Berkumpul Rencakan Gelar Munas Para Advokat
Hotman Paris Kutuk Pelaku Sodomi di JIS
Pengurus Advokat dari KAI DKI Jakarta Diterima MA
Mayoritas Parpol Peserta Pemilu Tidak Serius Siapkan Program Hukum
Ketua Umum INI Sri Rahma: Notaris Tak Boleh Memihak Isi Kesepakatan Para Pihak
Sebanyak 132 Advokat KAI DKI Jakarta Dilantik
Gerindra: Rakyat harus Hukum Parpol yang Kadernya Terjerat Kasus Korupsi
Panglima TNI Hadiri Pertemuan ACDFIM
Penggunting Kain Kiswah Ka'bah Akhirnya Dibebaskan
Pro Kontra Diperbolehkannya Advokat Asing Berpraktek di Indonesia
Ekonomi Bisnis - Politik - Hukum - Polkam - Sosial - Pendidikan - Daerah - Kesehatan - Kesra - Gaya Hidup - Pariwisata - Kuliner - Infotainment - Metropolitan - Konsultasi Hukum - Tutorial -

Home | Profile Mediasi Online | Redaksi | Iklan | Kontak
@ 2010 CV. Mediasi Online. Web By: Lanangmulia.Net