Bagikan sekarang

Sekretaris Menkop Agus Muharram menyambut baik pertemuan insan koperasi yang bergabung dalam Musyawarah Bersama Koperasi Seluruh Indonesia untuk memperkuat keberadaan koperasi di Tanah Air.

“Kami menyambut baik pertemuan ini karena betapa pun bisa memberi sumbangan bagi kemajuan perekonomian nasional,” kata Sekretaris Menkop Agus Muharram ketika membuka  Musyawarah Bersama Koperasi Seluruh Indonesia, di Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Menurut Muharram, untuk memajukan koperasi nasional ini pihaknya melakukan reformasi koperasi dengan  membuat daftar anggota koperasi yang aktif.

“Dari 209.000 anggota koperasi, hanya sekitar 142.000 anggota yang aktif dalam arti mengadakan Rapat anggota tahunan (RAT),” katanya. Sedangkan selebihnya yaitu 67.000 unit sudah tidak mengadakan kegiatan, tidak mengadakan RAT dan hidup segan mati tak mau.

“Untuk koperasi yang masih aktif kami masukkan ke dalam daftar dan kami beri bantuan berupa bimbingan manajemen dan kami beri akses ke fasilitas pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun dana bergulir dari LPDB,” katanya.

Menurut dia, perhatian pemerintah terhadap koperasi sudah demikian besarnya yang terlihat dari bunga KUR yang pada tahun lalu mencapai 22%, pada tahun ini sudah diturunkan menjadi 12%.

“Pada tahun depan bunga KUR akan diturunkan lagi menjadi 9%, agar koperasi bisa bersaing dalam ekonomi pasar yang semakin tajam,” katanya.
Menurut Muharram, koperasi harus tumbuh dari kesadaran pengusaha sendiri. “Koperasi harus tumbuh dari bawah dan tidak harus didorong-dorong,” ujarnya.

Menurut dia, kalau sudah tumbuh dari bawah pihaknya memberi fasilitas dengan membuatkan akte pendirian koperasi secara gratis melalui  bekerjasama dengan Ikatan Notaris Indonesia (INI).

“Bagi pengusaha kecil yang belum bisa ke pasar bebas, sebaiknya bergabug dengan koperasi, karena koperasi itu menciptakan pasar nya sendiri,” tuturnya.

Sebagai contoh, katanya, kalau mereka bergabung di koperasi persyaratan untuk meminjam uang untuk modal usaha tidak sesulit di bank.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *