Indonesia Creative Cities Network (ICCN) akan melakukan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bertajuk Jejaring Lokal Keren pada hari ini sampai dengan 29 September 2022 di Jakarta.

Rakornas ini bertujuan untuk memberikan pengalaman tentang pengembangan Kota/Kabupaten Kreatif di Indonesia, sekaligus turut mendorong pengembangan Kota/Kabupaten masing-masing, melalui pengelolaan ragam potensi kreatif lokal secara optimal, termasuk dengan pendekatan Placemaking atau Creative Hub, hingga creative cluster di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh delegasi 225 dari total 240 Kota/Kabupaten jejaring ICCN, seperti di antaranya Kanot Bu dari Nanggroe Aceh Darussalam, Medan Creative Movement dari Sumatra Utara, juga Numbay Creative Forum dari Papua, serta lebih dari 10 Kepala Daerah.

“Rakornas ini juga akan dihadiri para pemimpin nasional, di antaranya Menteri BUMN & Dewan Kehormatan ICCN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Staf Khusus Presiden & Dewan Kehormatan ICCN Putri Tanjung, Ketua Dewan Pengarah ICCN & Komisaris Telkomsel Wishnutama Kusubandio, Ketua Umum ICCN Fiki Satari, serta Ketua Jakarta Creative City Forum (JCCF) Handoko Hendroyono,” ungkap Ketua Umum ICCN Fiki Satari di Jakarta, Selasa (27/9).

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Staf Khusus MenKopUKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif tersebut menambahkan, tuan Rumah Rakornas ICCN 2022 kali ini adalah Jakarta Creative City Forum atau disingkat JCCF, sebagai jejaring ICCN di Jakarta.

JCCF sendiri merupakan sebuah inisiatif untuk membangun dan mengembangkan ekosistem kreativitas lokal, ekonomi serta industri kreatif di Jakarta, dengan mengoptimalkan dan memberdayakan segala potensi yang dimiliki Jakarta.

“Terutama untuk memberikan manfaat seluasnya bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat, menghadirkan kepribadian serta kepekaan yang baik, menghargai dan memuliakan nilai-nilai keragaman budaya serta jati diri, juga menjadikan Jakarta sebagai creative industry hub untuk kawasan Asia-Pasifik, tentunya dengan menerapkan kolaborasi pelaku kreatif dari unsur Hexa Helix, yaitu Akademisi, Pengusaha/UMKM, Komunitas, Pemerintah Pusat dan Daerah, Media, serta Agregator seperti lembaga keuangan dan inkubator,” kata Fiki.

Rangkaian acara akan bertempat di beberapa titik lokasi, yaitu SMESCO, iNews Tower, Sarinah, Pos Bloc, dan M Bloc Space. Kegiatan dari Rakornas akan dilakukan mulai dari seminar nasional, talk show jejaring, hingga bersama mengunjungi pusat-pusat kreatif di Jakarta dalam sesi “Telusur Lokal” (Creative Tour).

Menurut Fiki, rangkaian kegiatan juga akan fokus mengumpulkan potensi dari forum lintas komunitas dari seluruh Indonesia yang menjadi jejaring ICCN, konsolidasi kerja dan strategi kegiatan ICCN di tahun 2022 juga 2023, serta penguatan kepengurusan jejaring ICCN di seluruh Indonesia.

Sebagai bagian dari Hexa Helix Ekosistem Ekonomi Kreatif, rekan-rekan media diharapkan dapat turut melakukan publikasi secara aktif terkait profil jejaring ICCN, tujuan serta rangkaian kegiatan Rakornas ICCN 2022 yang mengangkat tema Jejaring Lokal Keren, cerita pengalaman anggota jejaring ICCN terutama dari unsur Hexa Helix yang hadir pada kegiatan, serta potensi pusat kreatif lokal.

Fiki menegaskan, ICCN telah menghimpun lebih dari 200 jejaring Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia. Maka dari itu, Rakornas selalu menjadi helatan akbar yang menguatkan tali-temali jejaring kreatif, serta merupakan momen konsolidatif, melahirkan gagasan dan inovasi bagi ekosistem kreatif Indonesia.

Rakornas ICCN 2022 ini didukung penuh oleh Mahaka X, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pupuk Indonesia, PLN, PLN Mobile, Telkomsel, MNC Group, Motion Banking, Motion Pay, GoTo, Tiket.com, dan sponsor lainnya.

Perlu diketahui, ICCN merupakan simpul organisasi yang berkomitmen untuk mewujudkan 10 Prinsip Kota Kreatif dan 11 jurus Kota Kreatif Catha Ekadasa. ICCN bertujuan menggalang sinergi serta saling mendukung dalam pengembangan Ekonomi Kreatif dan peningkatan kesejahteraan komunitas juga warga di Kota/Kabupaten.

Koordinasi jejaring senantiasa dilakukan, antara lain melalui program tahunan Rakornas ICCN yang setiap tahunnya diselenggarakan di Kota/Kabupaten yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.