Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM)Teten Masduki mengatakan pelaksanaan pameran atau expo sangat potensial untuk menjadi kalender tahunan bagi daerah dalam mendukung promosi dan pengembangan pasar UMKM.

MenKopUKM Teten mengatakan, hal serupa misalnya pada Limbangan UMKM Expo 2022 di Garut, Jawa Barat, yang merupakan sesuatu yang positif sebagai upaya mempromosikan produk UMKM. Jika berkelanjutan, acara semacam ini dikatakannya dapat disiapkan lagi secara matang untuk dapat mengembangkan kualitas produk UMKM.

“Expo semacam ini sangat bagus dan positif untuk mempromosikan produk UMKM. Kalau berlanjut, nanti disiapkan dengan baik lalu produknya dikurasi sehingga bisa masuk kalender kecamatan secara rutin agar bisa digunakan bukan hanya promosi tapi pengembangan produk UMKM. Harus lebih baik lagi tahun depan,” ucap MenKopUKM Teten saat membuka acara Limbangan UMKM Expo 2022 di Garut, Jawa Barat, Minggu (9/10).

Lebih lanjut, Menteri Teten menegaskan tiap daerah perlu menampilkan keunggulan produk UMKM masing-masing. Hal ini menjadi hal yang penting agar produk UMKM di tiap daerah dapat meningkat daya saingnya.

Menurutnya, interaksi ekonomi dalam expo semacam ini akan menjadi ruang proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat.

Aktivitas ekonomi yang ada dikatakan dapat menunjukkan situasi kondusif dari iklim investasi yang semakin baik, kemudahan, dan kepastian berusaha yang mendukung dan lebih baik, yang menjadi fondasi utama bertumbuh dan berkembangnya dunia usaha serta kemitraan investasi di daerah.

“Program seperti ini bagus. Mungkin nanti kalau ada expo di seluruh Garut, seluruh kecamatan untuk produk artisannya. Jadi nanti ada kurasi. Model ini dilakukan di Eropa ada lomba sapi, domba, dan lainnya,” kata Menteri Teten.

Sehubungan dengan Presidensi G20 Indonesia, Menteri Teten juga meminta Bupati Garut untuk menyiapkan produk UMKM untuk dipamerkan dalam event G20 Indonesia nantinya.

“Saya meminta Bupati untuk siapkan produk UMKM untuk G20 nanti. Nanti produk Garut misalnya jaket kulit pasti banyak peminat dari perwakilan delegasi,” ucapnya.

Menteri Teten menegaskan saat ini masyarakat juga harus ikut mendukung UMKM lokal dengan mencintai, bangga, dan menggunakan produk dalam negeri.

Di tempat yang sama, Bupati Garut Rudy Gunawan menambahkan bahwa perekonomian Garut di kuartal II 2022 berhasil mencatatkan angka mendekati 5 persen. Menurutnya, ketahanan ekonomi Garut disebabkan oleh kontribusi koperasi dan UMKM.

Maka dari itu, melalui Limbangan UMKM Expo 2022 diharapkan dapat menjadi kegiatan yang membawa hal positif kepada masyarakat.

“Selamat atas pelaksanaan kegiatan ini. Insya Allah saya akan membawa dinas di Kabupaten Garut untuk belanja di acara ini nanti 15 Oktober 2022,” ucap Rudy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.