Minggu (13/11/2022), anggota DPR RI Fraksi PKS dari daerah Pemilihan Jakarta Timur, Dr. Hj. Anis Byarwati, bersama Bank Indonesia memberikan sosialisasi kebijakan Bank Indonesia yaitu Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). QRIS digunakan sebagai metode pembayaran non tunai yang dilakukan secara digital. Acara ini berlangsung di RPTRa Utakara Beriman dan Hotel Alia Matraman Jakarta Timur.

Menggunakan pembayaran non tunai dengan QRIS merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan transaksi digital. Saat ini, hampir semua aktivitas masyarakat sudah bisa dilakukan melalui handphone. “Dengan menerapkan transaksi non tunai atau secara digital, akan mempermudah aktivitas keseharian masyarakat,” kata Anis yang merupakan anggota Komisi XI DPR RI itu.

Lebih lanjut, Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) ini menambahkan, “Dengan menggunakan QRIS masyarakat jadi lebih mudah, karena tidak perlu menyimpan uang untuk transaksi dan merchant tidak perlu menyediakan uang kembalian. Transaksi dengan QRIS juga lebih aman. Masyarakat terhindar dari peredaran uang palsu”, ungkapnya.

Sementara itu narasumber dari Bank Indonesia, Ria Swandito, menjelaskan bahwa Transaksi digital menggunakan QRIS dapat menjangkau seluruh kalangan masyarakat. Dengan tagline QRIS ‘Cemumuah’ transaksi digital akan menjadi lebih cepat, aman, mudah dan handal.

Peserta yang terdiri dari Tim Penggerak PKK Kecamatan maupun kelurahan di wilayah Matraman, terlihat sangat antusias dengan banyak bertanya dan mencoba langsung tutorial penggunaan QRIS. Mereka berharap sosialisasi dapat dilakukan lebih gencar kepada masyarakat secara luas karena hal ini menjadi kebutuhan masyarakat diera digital saat ini.

Melihat partisipasi aktif peserta, Anis memberikan apresiasinya. “Semoga dengan hadir dalam acara sosialisasi QRIS ini, kita semua dapat menjadi penggerak orang lain untuk meningkatkan pembayaran non tunai di seluruh kalangan masyarakat dengan menggunakan QRIS,” tuturnya.

Acara yang dilaksanakan bekerjasama dengan yayasan Filantropi Insan Mulia dan Yasasan Sahabat Indonesia Berdaya ini juga dihadiri oleh tokoh masyarakat setempat seperti Camat, Lurah, LMK, Ketua DPC PKS setempat, dan tokoh masyarakat lainnya. Sebelumnya acara sosialisasi penggunaan QRIS ini, sudah terselenggara dibeberapa wilayah di Jakarta Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.